Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajah

Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajah – Sekarang ini populasi gajah di Indonesia semakin berkurang di setiap tahunnya. Maka tak heran jika pihak pengelola wisata mendirikan Taman Nasional Way Kambas di Lampung, Pulau Sumatera. Rupanya tempat ini didirikan bukan hanya sebagai destinasi wisata, melainkan menjadi habitat gajah selamanya.

Keberadaan Taman Nasional Way Kambas telah dibuka untuk umum sehingga para pengunjung dapat melihat segala jenis aktifitas pelatihan maupun penangkaran gajah. Hal ini karena spesies gajah Sumatera di Taman Nasional telah dilindungi oleh pemerintah setempat guna mencegah punahnya hewan gajah. Berikut tempat wisata Way Kambas Lampung habitatnya para gajah.

Berlibur ke Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitat Para Gajah

Lokasi Objek Wisata

 lokasi wisata wisata taman nasional way kambas lampung - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajah

Ketika hendak berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, paling tidak anda bisa melewati rute Rajabasa di terminal Bandar Lampung ke arah Way Jepara. Jika anda sudah sampai di gajah batu Rajabasa Lama Desa, maka bisa lansung melanjutkannya ke Way Kambas atau Pusat Latihan Gajah, dimana merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Way Kambas. Biasanya perjalanan yang ditempuh akan menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Penangkaran dan Pelatihan Gajah Sumatera

pelatihan penangkaran gajah wisata taman nasional way kambas lampung - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajah

Penangkaran dan pelatihan spesies gajah Sumatera  kini telah memiliki luas mencapai 1.300 km persegi sejak berdirinya dari tahun 1989. Tempat wisata yang satu ini dikelola secara langsung oleh pihak pemerintah setempat dan di bawah naungan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Tentu saja jenis gajah sumatera di Way Kambas mampu dikembangbiakkan secara alami, bahkan sudah menjadi sarana pemerintah dalam mencegah punahnya hewan gajah yang  terdapat di Indonesia.

Sebetulnya asal muasal gajah yang ada di Way Kambas Lampung merupakan hasil dari tempat penangkaran dan pelatihan yang disebarkan ke seluruh wilayah nusantara. Gajah – gajah disini akan dilatih agar bisa menjadi jinak, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Misalnya untuk melakukan atraksi, membantu manusia dalam mengangkat beban berat,  serta untuk kepentingan wisata lainnya.

Aktifitas di Taman Nasional Way Kambas

 atraksi perlombaan gajah wisata taman nasional way kambas lampung - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajah

Jika berada Pusat Pelatihan Gajah (PLG) maka berkaitan erat dengan aspek pelatihan gajah, sementara pusat di Plang Ijo hanya dirancang untuk menginformasikan mengenai hutan dan taman, satwa liar, dan isu konservasi. Biasanya setiap sore hari di PLG diadakan pertandingan sepak bola sebagai bagian dari kegiatan akhir pekan. Pastikan hal semacam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisawatan untuk menghibur mereka. Ada pula para guide yang menawarkan pengunjung untuk menjelajah ke hutan dan menikmati alamnya.

Bukan hanya itu, terdapat motor boat  yang disewakan untuk pengunjung yang  hendak ke pantai. Namun  kika pengunjung menginginkan potter sekitar,  telah tersedia sebuah sampan (perahu dayung) untuk disewakan juga. Kendati demikian, tetap saja transportasi ini lebih cocok untuk menjelah dan melihat berbagai satwa liar di kawasan hutan Way Kambas.

Bagaimana, anda puas jalan-jalan ke Way Kambas Lampung? Ajak anggota keluarga dan teman-teman agar liburan anda semakin seru dan menyenangkan. Jangan lewatkan juga moment foto dengan para gajah.

facebook - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajahgoogle - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajahtwitter - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajahpinterest - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajahlinkedin - Taman Nasional Way Kambas Lampung Habitatnya Para Gajah