Keunikan Dan Sejarah Candi Plaosan Klaten yang perlu Anda Tahu

Terletak di Desa Bugisan, Kec Prambanan, Kabupaten Klaten, Candi Plaosan merupakan salah satu objek wisata yang sangat strategis baik itu dari lokasi atau dari daerahnya.

Dari segi lokasi, Candi Plaosan tepat berada di pinggir jalan raya Prambanan-Manisrenggo, hanya berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama Jogja-Solo. Selain itu Candi Plaosan juga hanya berjarak sekitar 200 meter dari Candi Prambanan, tepatnya ke arah Selatan Candi Prambanan.

Tidak hanya itu, dari bagian samping kanan dan kiri Candi Plaosan dikelilingi persawahan yang mana hal ini membuat candi plaosan sangat indah dan menjadi buruan untuk tempat foto.

Dari segi Daerah, Candi Plaosan juga sangat Strategis karena berada di wilayah perbatasan langsung kabupaten Sleman (Jogjakarta) dan Kabupaten Klaten (Jawa Tengah) Oleh sebab itu saat berkunjung ke Candi Prambanan kita bisa dengan mudah mampir ke Candi Plaosan yang penuh sejarah.

wisata sejarah jogja candi plaosan - Keunikan Dan Sejarah Candi Plaosan Klaten yang perlu Anda Tahu

Sejarah Candi Plaosan:
Candi Plaosan memiliki sejarah yang sangat panjang, bisa disimbolkan Candi kembar ini merupakan sebuah candi yang dapat mempersatukan dua manusia yang memiliki kepercayaan dan keyakinan yang berbeda.

Adalah Rakai Pikatan yang merupakan seorang Raja Kerajaan Medang (Mataram Kuno) dari Wangsa Sanjaya (beragama Hindu), Mencintai seorang putri bernama Pramodawardhani dari wangsa Sailendra (Beragama Buddha). Jalinan kasih mereka ditentang oleh kedua belah pihak keluarga, Namun pada akhirnya ketekatan cinta membuat keduanya memutuskan untuk bersama dan menikah.

Usai menikah, Rakai Pikatan membangun sebuah Candi Kembar sebagai tanda kecintaan kepada sang permaisuri Pramodawardhani, Selain itu ia juga ingin membuktikan bahwa cinta bisa mempersatukan perbedaan. Akhirnya jadilah Candi Plaosan yang sangat unik, Satu candi yang menggambarkan Istrinya, dan satu Candi yang menggambarkan Dirinya.

Candi yang menggambarkan sang istri sangat kental dengan corak Buddha, dan candi yang menggambarkan dirinya sangat kental dengan corak Hindu. Oleh sebab itu candi Plaosan sangat dikenal sebagai salah satu candi Hindu-Buddha sampai saat ini.

Sangat Terkenal:
Banyak sekali acara Televisi Nasional yang memanfaatkan Candi Plaosan sebagai tempat lokasi syuting, mulai pembuatan video klip, acara kuliner TV Nasional dan lainnya, intinya Candi Plaosan saat ini menjadi salah satu icon Wisata untuk daerah Jogja dan Klaten.

Mitos Candi Plaosan:
Di setiap tempat khususnya Indonesia pasti memiliki mitos, begitu juga dengan Candi Plaosan. Candi ini memiliki beberapa mitos seperti, Pasangan kekasih yang berkunjung ke Candi Plaosan di percaya hubungan mereka akan awet, oleh sebab itu banyak sekali pasangan muda mudi yang berwisata ke Candi Plaosan, mulai dari Jogja, Klaten sampai luar pulau jawa.

Ada juga mitos yang menyebutkan jika kita berkunjung ke Candi Plaosan namun tidak memegang salah satu batu atau bangunan di Candi Ini kita di anggap belum pernah datang ke Candi Plaosan.

Tiket Masuk:
Berkunjung ke Candi Plaosan tidak ada ruginya, tempat yang bersih dan nyaman, banyak pusat oleh-oleh dan banyak juga tempat makan yang harganya relatif murah. Tiket Masuk pun juga cukup murah, Hanya dengan Rp 3,000,- (tiga ribu) kita sudah bisa bekeliling komplek Candi Plaosan. Untuk wisata yang membawa kendaraan berikut tarif parkir Candi Plaosan, Motor: Rp 2,000,- dan mobil Rp 5,000,-.

Jam buka Candi Plaosan:
Mulai Pukul 07:00 pagi Candi Plaosan sudah di buka untuk Wisatawan, jam tutup sore atara pukul 16:00 sampai 17:00 WIB. Hampir setiap hari wisata ini ramai oleh pengunjung, mulai dari pagi sampai sore.

Itulah info lengkap Candi Plaosan, salah satu tempat wisata yang harus kamu kunjunggi, karena turis manca negara saja banyak yang datang, jadi sudah seharusnya kita juga harus berkunjung ke salah satu wisata yang syarat dengan sejarah indonesia.