Kunjungi Wisata Alam Favorit Kawah Putih di Ciwidey Bandung

Wisata Kawah Putih di Ciwidey Bandung – Wisata Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang berada di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Kawah putih adalah sebuah danau kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Berapi Patuha sekitar tahun 1000-1200 Masehi. Wisata alam yang terletak pada ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Danau kawah yang terselubung oleh kabut, hamparan pasir putih yang luas dengan latar belakang pemandangan gunung Patuha dan pepohonan hijau yang rindang, membuat wisatawan yang datang kesini terpesona akan keindahannya. Apalagi jika Anda datang saat matahari bersinar cerah, warna kawah yang semula putih kecoklatan ini akan berubah menjadi hijau kebiruan disela-sela dinginnya suhu udara.

Kawah putih kini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Bandung selain beberapa tempat wisata di sekitarnya seperti Situ Patenggang, Ranca Upas, Perkebunan teh Rancabali, dan kebun strawberry Ciwidey. Setiap hari, banyak wisatawan baik  lokal maupun mancanegara yang mengunjungi tempat ini, karena pesona dan keindahan alamnya. Jika Anda ingin berkunjung ke Kawah Putih, jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda dengan background keindahan alamnya.

Wisata Kawah Putih di Ciwidey Bandung » Kunjungi Wisata Alam Favorit Kawah Putih di Ciwidey Bandung

Lokasi dan Cara Pergi ke Wisata Kawah Putih

Wisata Kawah Putih berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey, sekitar 46 km atau 2,5 jam dari Kota Bandung, Jawa Barat. Akses menuju tempat ini cukup mudah, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum atau menggunakan kendaraan milik sendiri baik roda dua maupun roda empat.

Dengan kendaraan Pribadi

Bagi anda berkendara dengan kendaraan pribadi ke lokasi Kawah Putih, dapat menempuh jalur tol Buah batu di Bandung – Bojongsoang – Dayeuhkolot – Banjaran Soreang Ciwidey.

Dengan Kendaraan umum

Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal Lewi Panjang. Namun bagi anda yang menempuh perjalanan dari bandara udara dan stasiun kereta api, maka dari bandara / stasiun kereta terlebih dahulu Anda harus ke terminal Lewi Panjang.

Berikut ini adalah beberapa angkutan umum yang bisa Anda gunakan untuk menuju Kawah Putih :

  1. Bus dan Mobil Colt / L 300

Angkutan umum ini akan mengantarkan anda dari Leuwi Panjang hingga ke Terminal Ciwidey dengan tarif Rp 7.000,-. Mobil ini biasanya mangkal di sebelah kanan ketika Anda memasuki terminal Lewi Panjang.

  1. Angkot Jurusan Ciwidey – Situ Patengang

Dari terminal Ciwidey, naik Angkot kuning jurusan Ciwidey – Situ Patengang dan minta berhenti di pintu Gerbang kawah Putih letaknya sebelah kiri Jalan. Tarifnya Rp. 5.000 – 6.000.

  1. Ontang Anting

Ontang Anting adalah mobil yang mengantar pengunjung dari pintu gerbang Kawasan Kawah Putih menuju lokasi kawah dengan tarif sebesar Rp 10.000, Pulang Pergi per orang.

Informasi Wisata Kawah Putih

Jam buka : Setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Tarif masuk: Rp. 10.000-20.000/orang (domestik), Rp. 30.000 (mancanegara).

Tarif parkir: Rp.5.000,- untuk mini bus, Rp.20.000,- untuk bus, dan Rp.2.000.,-untuk kendaraan roda dua.

Di lokasi ini juga tersebia berbagai fasilitas seperti mushola, tempat parkir, dan kendaraan untuk menuju Kawah (Ontang Anting). Selain itu, terdapat juga warung-warung yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional disekitar kawah. Salah satu minuman favorit disini adalah seduhan kopi hitam dan Bandrek. Suhu udara yang sangat dingin rasanya terobati dengan hangatnya jahe yang melegakan pernapasan. Anda juga dapat mengunjungi air panas Cimanggu dan air panas Walini untuk menghangatkan badan dan melenturkan badan agar terasa rileks.

Itulah informasi mengenai salah satu tempat wisata di Bandung yaitu Wisata Kawah Putih. Tertarik menyaksikan keindahan alam Ciwidey? Semoga informasi ditas dapat menjadi referensi untuk anda. Selamat berlibur!!