Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Apakah anda tahu keberadaan Alas Purwo? Tempat wisata yang satu ini berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Seperti yang kita tahu bahwa wilayah Jawa Timur menjadi tujuan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini karena lokasi geografis yang menguntungkan lantaran pesona alam begitu memukau.

Apabila anda baru pertama kali menyambangi Taman Nasional Alas Purwo, sebaiknya menggunakan fasilitas pemandu seperti guide Jagawana atau penjaga hutan untuk memandu menjelajah alam Alas Purwo. Menikmati keindahan yang terdapat di Alas Purwo memang membutuhkan waktu 1 hingga 2 hari. Nikmati kedamaian di Alas Purwi seperti spot berikut ini.

Dapatkan Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo

Kedamaian Taman Nasional Alas Purwo

keindahan wisata taman nasional alas purwo banyuwangi » Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Rupanya para traveler yang berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo menganggap bahwa tempat wisata ini adalah yang terbaik untuk menjelajah hutan, mengamati tumbuhan dan satwa liar, hingga menikmati wisata pantai atau sekedar berwisata ziarah. Pasalnya ketika tiba di lokasi, para wisatawan bisa mengamati kekayaan flora dan fauna yang menarik.  paling tidak terdapat 13 jenis bamboo dan 548 jenis tumbuhan lain yang bisa dijadikan spot mengagumkan.

Padang Savana Sadengan

wisata taman nasional alas purwo bwi spot padang savana sadengan » Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Padang Savana Sadengan Alas Purwo memang memiliki luas sekitar 20 hektar dengan jarak 12 km dari pintu masuk Taman Nasional di Pasar Anyar.  Asal usul Padang Savana sendiri  termasuk padang penggembalaan bagi satwa liar dan berbagai jenis burung lainya.  Hanya di tempat wisata inilah para pelancong dapat mengamati langsung kegiatan satwa liar tersebut.

Pesona  Alam Pantai Plengkung

wisata taman nasional alas purwo bwi spot pantai plengkung » Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Apakah anda hobi berselancar? Maka tak ada salahnya bertandang ke Pantai Plengkung. Pantai yang biasa disebut sebagai G-Land ini memang masih berada di satu kawasan Alas Purwo. Biasanya lokasi pantai akan sangat ramai disambangi aktivitas peselancar pada bulan Mei sampai Oktober, lantaran kondisi ombak sedang bagus-bagusnya untuk berselancar. Hal tersebut juga didukung adanya ombak setinggi 4—6 meter yang memanjang 2 km hingga membentuk formasi 7 gelombang.

Keindahan Pantai Pancur

wisata taman nasional alas purwo bwi spot pantai pancur » Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Kini saatnya anda menikmati keindahan di Pantai Pancur yang begitu mempesona. Di sini pula  disediakan tempat bumi perkemahan (Camping Ground) di tepian pantai. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan pantai yang tersusun dari pecahan karang hitam dan pasir gotri atau berupa kerikil-kerikil kecil. Maka dari itu, wisatawan disarankan menggunakan alas kaki, karena hamparan pasir gotri tersebut akan menimbulkan rasa nyeri di telapak kaki sendiri.

Situs Ziarah Pura Luhur Giri Salaka

wisata taman nasional alas purwo bwi spot Situs Ziarah Pura Luhur Giri Salaka » Menikmati Kedamaian di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Satu lagi hal menarik yang harus disambangi di Taman Nasional Alas Purwo yakni situs-situs ziarah untuk memohon berkah.  Rupanya keberadaan situs tersebut telah menjadi bukti sejarah yang masih nampak adalah Pura Luhur Giri Salaka. Pura tersebut merupakan tempat ibadah bagi masyarakat Hindu di sekitar taman nasional Alas Purwo. Biasanya Pura Luhur Giri Salaka ramai dikunjungi penganut agama Hindu.

Bagaimana, anda ingin berlibur ke Taman Nasional Alas Purwo? Paling tidak anda mengajak anggota keluarga agar seru.