Pantai Ora, Surga Eksotis yang Tersembunyi di Maluku Tengah

Bisa disebut sebagai surga tersembunyi dari Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai Ora yang masih jarang diketahui oleh banyak orang memiliki karakteristik pantai yang berpasir putih dengan air yang jernih serta kekayaan terumbu karang, ikan dan aneka ragam biota laut lainnya. Pantai Ora terletak di ujung sebelah barat sebuah teluk yang disebut teluk Sawai, bersebelahan dengan desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Di Pantai Ora Maluku Tengah ini sudah tersedia penginapan atau resort yang berbentuk rumah panggung dengan material kayu yang berdiri diatas pantai dengan air yang jernih sehingga menimbulkan suasana nyaman untuk bersantai. Pengunjung bisa bersantai sambil melihat panorama yang indah bukan hanya pantai yang jernih dengan banyak biota laut tetapi alam disekitar pantai Ora yang dibentuk oleh tebing-tebing yang  menjulang, hutan tropis dan rangkaian pegunungan membuat tempat ini begitu indah dipandang.

Tidak pas rasanya jika datang ke pantai dengan banyak kekayaan biota laut kalau tidak menikmatinya secara langsung bukan? Buat teman-teman yang suka snorkling, di Pantai Ora menyediakan fasilitas snorkling bahkan diving. Anda tidak perlu menyelam terlalu dalam, di kedalam 2-3 meter pun sudah terlihat kecantikan dan keindahan dari berbagai terumbu karang dan ikan kecil dapat dinikmati di bawah laut Pantai Ora. Kegiatan snorkling juga dapat dilakukan di lokasi yang berdekatan dengan tebing, yang menjadi pengalaman yang langka dan mengasyikkan.

Pantai Ora Maluku Tengah Surga Eksotis yang Tersembunyi - Pantai Ora, Surga Eksotis yang Tersembunyi di Maluku Tengah

Setelah berpuas-puas menikmati pantai, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan oleh teman-teman. Seperti berkunjung di Taman Nasional Manusela yang terletak di belakang ora beach resort, dapat menjadi suatu pengalaman yang menarik. Di Taman Nasional Manusela ini terdapat sekitar 117 spesies burung. Teman-teman bisa menggunakan perahu motor atau kapal nelayan untuk menikmati pemandangan tebing batu di sekitar Taman Nasional Manusela dan berkeliling beberapa pulau kecil di teluk sawai. Selain itu terdapat juga mata air belanda yang berupa sungai kecil yang mengalir dari gunung.  Ini akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan buat teman-teman!

Cara menuju ke Pantai Ora

Perjalanan bisa dimulai dengan menuju Kota Ambon. Dari Kota Ambon, selanjutnya yaitu pelabuhan Tulehu. teman-teman bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju ke pelabuhan. Pelabuhan tulehu ini terdapat ferry yang menuju ke pelabuhan Amahai, Pulau Seram. Dari pelabuhan Amahai teman-teman bisa melalui transportasi darat dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam menuju Pelabuhan Desa Saleman. Setelah mencapai pelabuhan Desa Saleman, perahu motor akan mengantarkan teman-teman sekitar 15  menit menuju Pantai Ora.

Terlihat cukup melelahkan bukan? Tapi kelelahan teman-teman akan terbayar ketika melihat keindahan surga tersembunyi di Seram Utara, Maluku.

Pantai Ora menyajikan keindahan yang tiada duanya, pemandangan alam yang tak kalah dengan Pantai Lanikai Oahu di Hawaii atau Pulau Maladewa. Jadi, teman-teman tidak harus jauh-jauh keluar negeri karena Indonesia punya banyak keindahan alam yang luar biasa indah.

Bagaimana? Apa teman-teman tertarik untuk berlibur ke Pantai Ora Maluku Tengah? Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi bagi anda, dan selamat berlibur!!