Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur

Kota Yogyakarta atau yang sering disebut dengan Jogja saja merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan. Provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini menyimpan banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, tak kalah menariknya dengan tempat-tempat wisata di Bali dan daerah lainnya di Indonesia. Selain jumlahnya yang banyak, tempat wisata di Jogja juga beragam, mulai dari wisata alam seperti pantai dan gunung, wisata sejarah dan budaya, sampai wisata kuliner.

Nah, kali ini spotwisata akan memberikan daftar beberapa Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi saat liburan Anda. Apa saja tempat-tempat tersebut?

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur » Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur

Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan landmark Kota Yogyakarta yang paling terkenal. So, belum berasa di Jogja kalau belum kesini dan mengabadikan momen dengan latar belakang tugu Jogja ini. Tugu ini berada tepat di tengah perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Tugu ini telah berdiri kurang lebih selama 3 abad, hal ini membuatnya tersirat makna yang dalam serta menyimpan beberapa rekaman sejarah kota Yogyakarta. Bila anda ingin memandang Tugu Jogja sepuasnya sambil mengenang makna filosofisnya, tersedia bangku yang menghadap ke tugu di pojok Jl. Pangeran Mangkubumi. Anda dapat berkunjung saat pagi hari saat udara masih segar dan belum banyak kendaraan bermotor yang lalu lalang. Atau Anda juga bisa kesini saat malam hari, suasana menjadi lebih indah oleh gemerlap lampu-lapu disekitarnya.

Candi Prambanan

Sebagai salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia maka Candi Prambanan pantas masuk ke daftar tempat wisata yang harus dikunjungi di Jogja. Candi yang berdiri kokoh menjulang setinggi 47 meter ini memiliki ukiran relief yang mengelilingi candi menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Setiap pengunjung yang datang ke Prambanan akan dibuat takjub menyaksikan kemegahan bangunan peninggalan sejarah.

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan Jogjakarta dan Klaten, sekitar 17 Km dari pusat kota Jogja. Jika Anda datang dari arah Jawa Timur, Anda pasti melihat candi ini saat masuk di wilayah Jogja. Tak jarang, agen perjalanan menempatkan Candi Prambanan di urutan pertama kunjungan mereka di Kota Yogyakarta.

Pantai Parang Tritis

Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata alam di Yogyakarta, Pantai Parang Tritis adalah pilihan terbaik. Pantai yang paling terkenal di Yogyakarta ini sangat unik memiliki bukit-bukit pasir di tepinya yang oleh masyarakat setempat disebut gumuk. Gumuk pasir yang terlihat seperti gurun pasir ini memberikan kesan berbeda dan unik dibandingkan dengan pantai dimanapun sehingga Anda pun harus berkunjung sendiri ke sana. Di tempat ini pengunjung bisa menyewa ATV (all terrain Vehicle) atau dokar untuk menyusuri pantai. Selain tempat ini juga tersedia fasilitas untuk kegiatan paralayang di bukit Parangdog.

Meski demikian, pengunjung Pantai Parang Tritis tidak dianjurkan untuk melakakukan aktifitas air seperti berenang karena ombak dan anginnya yang kencang. Ini karena posisi pantai ini yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Jalan Malioboro

Belum lengkap penjalanan Anda ke Jogjakarta jika tak singgah di Malioboro. Malioboro  adalah nama sebuah jalan, sama seperti jalan lainnya di Jogja. Namun yang membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan karena kita bisa menemukan banyak sekali lapak-lapak yang menjual barang-barang dengan harga murah di sepanjang Jalan Malioboro. Lapak-lapak ini menjual beraneka ragam souvenir seperti pakaian, batik, tas, sandal gantungan kunci, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya dengan harga murah. Saat malam hari, Anda akan menemukan banyak penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro ini.

Keraton Yogyakarta

Salah satu yang membuat Yogyakarta berbeda dari kota-kota lainnya adalah kesultanannya yang masih terjaga hingga sekarang. Keraton atau istana kesultanan adalah Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi dan jangan sampai terlewatkan. Di keraton Yogyakarta, Anda bisa mengenal dan melihat dari dekat istana yang menjadi kediaman para sultan ini. Anda juga bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah di museum kesultanan yang sebagian adalah hadiah dari kerajaan Eropa.

Keraton Yogyakarta dibuka mulai pukul 8 pagi sampai jam 2 siang saja. Jadi, sebaiknya Anda datang ke tempat ini pagi-pagi setalah jam buka. Jangan lupa untuk menjaga sikap dan berperilaku sopan di tempat ini.

Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan sebuah goa wisata yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa ini berbentuk vertikal yang memiliki hutan purba di dalamnya hingga saat ini. Jika Anda datang ke tempat ini pada waktu yang pas yaitu sekitar jam setengah sepuluh pagi sampai jam dua belas, Anda bisa menyaksikan sinar matahari masuk menembus goa yang sangat indah. Karena keindahnya ini, cahaya yang menembus ini sering disebut cahaya surga.

Arung Jeram Citra Elo

Nah, bagi Anda yang menyukai dunia adventure, tempat wisata yang satu ini layak untuk dikunjungi. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang masih pemula dan baru ingin coba-coba juga bisa ke sini karena arus sungainya tidak terlalu deras. Anda juga bisa mengajak keluarga Anda untuk arung jeram bersama sambil menikmati pemandangan sekitar sungai yang indah. Udara yang sejuk di iringi suara gemericik air sungai membuat pikiran dan hati siapa saja menjadi tenang dan melupakan kepenatan aktifitas sehari-hari.

Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat wisata di Jogjakarta lainnya yang sering dikunjungi adalah Kebun Binatang Gembira Loka yang memiliki ribuan koleksi hewan dari berbagai negara. Bahkan hewan dari tempat-tempat khusus seperti pinguin pun ada. Selain bisa berkeliling dan melihat-lihat koleksi yang ada disana, kita juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti bersepeda air, ATV, menangkap ikan, menunggang unta/gajah, dan masih banyak lagi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan wisata bersama keluarga dan anak-anak Anda. Harga tiket masuk di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta ini sebesar Rp 25.000.

Istana Air Taman Sari

Dulunya, Istana Air Taman Sari merupakan tempat meditasi sekaligus tempat rekreasi untuk keluarga kerajaan Yogyakarta. Disamping itu, istana ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh. Kini, Taman Sari bisa dikunjungi oleh siapa saja dan telah menjadi salah objek wisata di jogja yang datangi saat libur tiba. Udara yang sejuk serta suasananya yang teduh dan nyaman menjadi tempat yang tepat untuk menghilangka penat dari kesibukan sehari-hari.

Gunung Merapi

Jika Anda salah satu pecinta alam dan suka mendaki gunung, maka Gunung Merapi bisa menjadi pilihan yang pas. Dengan hanya membayar biaya masuk Rp.3.000 saja, Anda sudah bisa masuk dan menantang diri Anda untuk mendaki di salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia ini. Masalah pemandangan, jangan ditanya lagi. Merapi akan menyuguhkan Anda pemandangan alam Yogyakarta yang indah dengan sejuknya udara pegunungan.

Selain beberapa Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi di atas, sebenarnya masih banyak objek wisata di Jogja lainnya yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda masih memiliki waktu, cobalah untuk mengunjungi kaliurang, Air Terjun Gedangan, atau ke beberapa desa wisata seperti Krebet dan Kasongan. Dan jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Yogyakarta yang enak-enak. Selamat berlibur.